Industri MICE merupakan sektor pariwisata yang sedang mengalami perkembangan pesat. Industri MICE membawa peluang yang besar melalui tamu yang dibawanya dengan waktu tinggal dan daya beli yang lebih besar sehingga menimbulkan adanya persaingan pasar. Untuk mendapatkan perhatian wisatawan MICE dilakukan dengan memastikan kepuasan konsumen terpenuhi, tetapi pada hotel Pullman Bali Legian Beach masih ditemukan permasalahan terkait kepuasan konsumen dalam kegiatan MICE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen MICE di Pullman Bali Legian Beach. Sampel penelitian ini adalah Person Incharge (PIC) yang mewakili kelompok atau perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan MICE di Pullman Bali Legian Beach periode Januari – Desember 2023 sejumlah 88 orang. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan random sampling. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan Variabel Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai thitung>ttabel = 5,666>1,662 dan nilai signifikansi <α = 0,001<0,05. Variabel Fasilitas (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai thitung>ttabel = 3,232>1,662 dan nilai signifikansi <α = 0,001<0,05. Variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Fhitung>Ftabel = 85,987>3,10 dan nilai signifikansi <α = 0,001<0,05. Dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen MICE di Pullman Bali Legian Beach.
Copyrights © 2024