Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sekarang ini merupakan suatu kebutuhan bagi fasilitas kesehatan untuk mendukung pelayanan kesehatan. Instalasi Farmasi Rumah Sakit tidak bisa terlepas dari proses pelayanan kesehatan ke pasien. Orientasi akhir dari pelayanan kesehatan adalah memberikan pelayanan yang maksimal demi keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini mengevaluasi tingkat kepuasan penggunaan SIMRS terhadap pelayanan farmasi dan menerapkan sistem informasi manajemen farmasi di RSUD Kota Salatiga guna meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pengambilan data secara prospektif menggunakan metode purposive sampling dengan 30 responden yang memenuhi kriteria. Responden adalah petugas Instalasi Farmasi RSUD Kota Salatiga. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang sudah valid dan reliabel. Terdapat 4 indikator dalam kuesioner yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna dan lingkungan organisasi. Hasil kuesioner diolah dan dikategorikan ke dalam berbagai tingkat kepuasan dari responden. Hasil penelitian didapatkan tingkat kepuasan petugas instalasi farmasi pada indikator kualitas sistem 74%, kualitas informasi 74%, kepuasan pengguna 70%, dan lingkungan organisasi 76%. Tingkat kepuasan secara keseluruhan sebesar 73% masuk kategori cukup.
Copyrights © 2024