JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 8, No 4 (2024): Agustus

PENINGKATAN KETERAMPILAN SENI DAN MANAJERIAL GURU PAUD/TK UNTUK PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN IMAJINASI ANAK USIA DINI

Pamela Mikaresti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka Tangerang Selatan)
Herry Novrianda (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Terbuka, Tangerang Selatan)
Ana Nurmalia (Fakultas Pertanian Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2024

Abstract

Abstrak: Fokus utama pendidikan anak usia dini, terutama di TK dan PAUD, adalah pengembangan kreativitas dan imajinasi. Guru memainkan peran kunci dalam merangsang perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tim Universitas Terbuka bersama HIMPAUDI merespons kebutuhan guru dengan menyelenggarakan edukasi mengenai stimulasi perkembangan motorik anak melalui karya tari sederhana. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dan manajemen pertunjukan, diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan . Metode penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif dengan pemberian materi dan pelaksanaan praktik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di TK Patria Dharma Bengkulu, diikuti oleh 60 Guru yang tergabung dalam HIMPAUDI. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan ilmu tentang tata rias pertunjukan, manajemen pembelajaran, dan penggunaan permainan edukatif. Dari 50 peserta guru TK, 40 orang atau 80% berhasil melakukan tata rias seni pertunjukan dengan baik, yang berarti mereka telah berhasil meningkatkan keterampilan mereka secara signifikan. Dalam aspek manajerial, terdapat peningkatan kemampuan sebesar 83% berdasarkan hasil pretest dan posttest. Selain itu, semua guru (100%) tertarik untuk mengajarkan permainan ular tangga yang dimodifikasi dengan produk pertanian kepada siswa, mengindikasikan minat yang tinggi terhadap metode pembelajaran interaktif ini.Abstract: The main focus of early childhood education, especially in kindergartens and early childhood education centers (PAUD), is the development of creativity and imagination. Teachers play a key role in stimulating cognitive, affective, and psychomotor development. The Open University team, together with HIMPAUDI, responds to the needs of teachers by organizing education on stimulating children's motor development through simple dance movements. This training aims to enhance teachers' skills and performance management, with the expectation of making a positive contribution to the quality of education. The delivery method involves a participatory learning approach with both theoretical instruction and practical implementation. This community engagement activity took place at TK Patria Dharma Bengkulu and involved 60 teachers affiliated with HIMPAUDI. Throughout the program, participants learned about stage makeup, lesson management, and the use of educational games. Positive feedback from teachers indicates that the training successfully improved their skills in managing art performances within schools. Consequently, this program is expected to significantly contribute to enhancing the quality of early childhood education by developing children's creativity, imagination, and motor skills.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...