PT. Gapura Angkasa Halim Jakarta Timur merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa ground handling dan bidang usaha lain nya yang menunjang usaha penerbangan di bandar udara. Jaminan klaim keamanan bagasi ketika menggunakan pesawat terbang merupakan salah satu hal yang penting bagi para penumpang ketika ingin menggunakan suatu maskapai penerbangan, namun pada pelaksanaannya sering kali ketika mengajukan permohonan klaim mengalami keterlambatan data yang masuk sehingga membuat sistem yang berjalan menjadi tidak efektif dan efisien. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membuat sistem yang lebih terkomputerisasi , sehingga menghasilkan data yang efektif dan efisien serta mempermudah penumpang untuk mengajukan klaim sehingga memperkecil terjadinya human error. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu Grounded Research dalam menemukan peristiwa yang terjadi sehingga sistem dapat dibangun sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, penulis membuat sebuah program sistem informasi klaim yang berguna bagi manager internal dalam pemrosesan klaim bagasi dari penumpang , sehingga membuat suatu laporan menjadi lebih akurat.
Copyrights © 2021