Perkembangan Teknologi Informasi dunia pendidikan tidak dapat lepas dari perkembangan kemajuan teknologi informasi. Beberapa bentuk perkembangan teknologi seperti komputer, elektronik dan telekomunikasi untuk mengolah dan mendidtribusikan informasi dalam betuk digital. Program komputer atau aplikasi komputer dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar ditingkat pendidikan seperti SD atau Madarasah Ibtidaiyah melalui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran konvensional dengan membaca buku atau menggunakan alat peraga dirasakan kurang efektif dalam pembelajaran karena siswa mudah bosan atau tertinngal pelajaran dan guru harus memiliki suatu cara agar tujuan dari pembelajaran tercapai. Pengembangan multimedia pembelajaran ini  menggunakan software macromedia flash untuk menghasilkan  suatu aplikasi media pembelajaran dengan bentuk animasi berupa gambar,suara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu pengembangan media pembelajaran yang diadopsi dari salah satu buku pelajaran yang dibuat melalui  media audio dan visual sehingga siswa dapat lebih memahami bahasa buku selain bahasa yang disampaikan oleh pengajar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode Research & Development (R&D). Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket berupa kuisioner sebanyak 20 responden guru. Hasil pengujian untuk materi animasi flash sudah cukup baik. Ini terbukti dari Penelitian ini dapat diterima dengan baik terbukti dengan jumlah porsentase dari materi pada pengembangan multimedia pembelajaran  ini sudah sesuai dengan silabus sebesar 86%. Tombol navigasi berfungsi dengan baik dengan nilai porsentase sebesar 77%. Dan tampilan media pembelajaran animasi flash ini menarik dengan jumlah porsentase sebesar 73%.Hal ini dapat dikatakan penelitian dalam pembuatan aplikasi pembelajaran interaktif dengan macromedia flash dapat diterima cukup baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020