Berkembangannya teknologi informasi membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, terutama pada siswa generasi Z. Mereka yang disebut generasi Z lahir dan tumbuh bersama denganĀ pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia. Mereka bahkan tidak dapat lepas dari teknologi dalam segala hal, termasuk dalam hal belajar. Para peserta didik yang merupakan generasi Z ini, memiliki gaya belajar yang unik berbeda dari generasi sebelumnya. Dunia pendidikan harus menyesuaikan diri dan melibatkan teknologi di dalam pembelajaran di kelas saat ini, salah satunya di kelas bahasa Indonesia. Ketidakpedulian generasi Z terhadap bahasa Indonesia saat ini dapat terlihat dari rendahnya nilai bahasa Indonesia daripada bahasa Inggris di kelas. Ditambah lagi generasi Z pandai berbahasa Inggris karena sering menggunakan smartphone untuk bermain game yang menuntut mereka harus bisa berbahasa Inggris. Namun, berbanding terbalik dengan penguasaan bahasa Indonesia mereka. Oleh karena itu dengan memanfaatkan perangkat lunak H5P, peserta didik dapat mengerjakan tes bahasa Indonesia dari smartphone mereka layaknya bermain game. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjabarkan pemanfaatan software H5P dalam pembuatan tes bahasa Indonesia. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, hasil penelitian berfokus pada pendeksripsian pemanfaatan H5P dalam membuat tes bahasa Indonesia.
Copyrights © 2020