Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 4 (2022)

MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS IV SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Faddia Risalah Achmad (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka)
Puri Pramudiani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun dimana interaksi antara guru dan siswa diberhentikan sementara waktu dikarenakan adanya virus COVID 19 dan pemerintah membuat kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang diberlakukan memberikan dampak yaitu menurunnya minat belajar siswa dan salah satu pembelajaran yang terkena dampak dari kebijakan pemerintah adalah pembelajaran TIK khususnya materi pengolah kata. Minat belajar merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran karena mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV di MI Plus Al-Muhajirin Depok pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-II sebanyak 21 orang dan penentuan subjek dilakukan dengan teknik random sampling (acak). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah menyebarkan angket minat belajar kepada siswa kelas IV-II dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa minat belajar siswa kelas IV-II di MI Plus Al-Muhajirin Depok selama pembelajaran daring adalah tinggi sebesar 66% dan berdasarkan wawancara dengan siswa dan juga guru TIK bahwa minat belajar siswa selama pembelajaran daring berjalan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...