Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Artciulate Storyline 3 pada materi trigonometri dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Artciulate Storyline 3 pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun Langkah-langkah yang digunakan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi massal. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yang digunakan untuk memperoleh data, yaitu instrumen validasi ahli, angket respons siswa, dan tes. Instrumen validasi ahli terdiri dari tiga validasi, yaitu validasi media tampilan, validasi materi, dan validasi media information technology (IT). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Artciulate Storyline 3 pada materi trigonometri dinyatakan sangat efektif berdasarkan persentase keberhasilan hasil belajar siswa, yaitu 80%.
Copyrights © 2023