Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan materi ajar dalam bentuk e-modul yang dapat disesuaikan pada topik bangun ruang kerucut dengan berbasis etnomatematika. Hal ini dilakukan untuk mencapai pembelajaran yang efektif, praktis, dan mengahasilkan efek potensial bermanfaat dengan menggunakan aplikasi Canva agar lebih menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan jenis formative research Tessmer. Langkah-langkahnya mencakup tahap awal dan tahap pengembangan dengan formatif evaluation yang terdiri self evaluation, expert riview, one-to-one, small group, dan field test. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas V di SD Negeri 19 Palembang, Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dilihat dari aspek yang divalidasi pada tahap expert review dengan tingkat kevalidan mencapai 84,2%., praktis dilihat dari angket pada tahap one-to-one yang mencapai 93,33%, small group 91,38%, field 95,64%. dan menghasilkan efek potensial dilihat dari hasil tes siswa mencapai 96,67%. Kata Kunci: E-modul, Kerucut, Berbasis, Etnomatematika
Copyrights © 2024