Journal of Knowledge and Collaboration
Vol. 1 No. 2 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration

Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Disiplin Guru MI Miftahul Huda Desa Larangan Perreng Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun 2022

Wahid, Musleh (Unknown)
Hady, Ainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Problem umum pada penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengupgrade kedisiplinan guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda khususnya. Adapun inti dalam permasalahan ini adalah terdapat beberapa bagian tenaga pendidikan yang masih melewati garis aturan yang dibangun oleh lembaga itu sendiri, seperti datang terlambat, pulang tidak sampai waktu dan parahnya lagi guru rela meniggalkan kewajibannya demi sebuah kepentingan pribadi. Tujuan penelitian ini dilakukan mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan kedisiplinan guru MI Miftahul Huda. Serta bagaimana hambatan kepala sekolah dalam menerapkan segala upaya yang dilakukannya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Untuk metode yang dipakai dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data peneliti memilih triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu upaya kepala sekolah dalam mengembangkan disiplin guru MI Miftahul Huda diantaranya 1). Menjadi suri tauladan, 2). Menyediakan sarana prasarana, 3). Memberikan reward dan punishman, 4). Rapat Bulanan, 5). Planner. Adapun hambatannya ialah 1). Kepala sekolah mempunyai kesibukan keluarga 2). Faktor dana 3).  Ketidak nyamanan dalam memberikan teguran terhadap guru senior 4). Masih terdapat sebagian guru yang belum memahami jam pulang sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. ...