EDUSOS: Jurnal Edukasi dan Ilmu Sosial
Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 ( Des 2024)

The Politik Simbolisme Agama dalam Kampanye Pemilu

Riyanto, Gusti (Unknown)
Idrianti, Nuni (Unknown)
Kusumarani, Anggi Dwi (Unknown)
M. Ridwan Said Ahmad (Unknown)
Ibrahim Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Artikel ini membahas fenomena simbolisme agama dalam kampanye pemilu di Indonesia, di mana agama digunakan sebagai alat untuk membangun identitas politik dan menarik dukungan dari pemilih. Simbolisme agama dalam kampanye pemilu mencakup berbagai bentuk, seperti penampilan kandidat yang tampak religius, penggunaan retorika keagamaan, dan dukungan dari tokoh agama. Fenomena ini dipengaruhi oleh besarnya peran agama dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia dan budaya politik identitas yang berkembang. Penelitian ini menemukan bahwa, meskipun simbolisme agama mampu memperkuat ikatan emosional antara kandidat dan pemilih, dampaknya tidak sepenuhnya positif. Penggunaan agama dalam politik dapat menyebabkan polarisasi sosial, menguatkan politik identitas, dan mengurangi kualitas demokrasi karena masyarakat cenderung memilih berdasarkan kedekatan identitas daripada kapabilitas atau visi kandidat. Artikel ini merekomendasikan penguatan pendidikan politik bagi masyarakat, peraturan lebih tegas dari pihak berwenang terkait penggunaan simbol agama, serta peran moderat tokoh agama dalam menjaga netralitas politik. Dengan pendekatan ini, diharapkan praktik kampanye politik di Indonesia dapat lebih mengedepankan nilai-nilai demokrasi dan mengurangi potensi perpecahan sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusos

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

EDUSOS: Journal of Education and Social Sciences is an open access peer-reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi, published in June and December. The Journal of Education and Social Sciences aims to be a forum for academics, researchers and practitioners in the fields ...