Bullying merupakan tindakan yang merugikan orang lain secara sadar dan dilakukan secara berulang-ulang dengan penyalahgunaan kekuasaan secara sistematis. Dalam dunia pendidikan perilaku bullying dapat dicegah melalui pendidikan karakter. Berhasil atau tidaknya pencegahan perilaku bullying tergantung dari lembaga dan pendidik yang professional. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui bentuk bullying yang terjadi di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui urgensitas pendidikan karakter untuk pencegahan praktik bullying peserta didik di MI Insan Mulia Jimbaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni melalui penyajian dan penafsiran data yang ada di lapangan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah 1) Penerapan pendidikan karakter di MI Insan Mulia dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan yang telah terencana, 2) Bentuk bullying yang terjadi di MI Insan Mulia yaitu saling mengejek dan tidak ditemani atau dikucilkan, 3) Pendidikan karakter merupakan kunci penting dalam membentuk kepribadian anak agar mejadi individu yang berkarakter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023