Penerapan manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidik di madrasah merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi pendidik agar bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Azhar Kuta-Badung Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah di MI Al Azhar Kuta tahun pelajaran 2020/2021, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di MI Al Azhar Kuta tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan latar belakang MI Al-Azhar Kuta-Badung. Pengumpulan data informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses penerapan manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al-Azhar Kuta Badung, yang memberikan keleluasaan kepada madrasah dan masyarakat untuk memanfaatkan sumber-sumber pendidikan dalam kegiatan proses pembelajaran di madrasah, terlaksana berdasarkan program-program yang ditetapkan, dengan melibatkan semua komponen yang mempunyai kepentingan, 2) Faktor pendukung ialah faktor internal yang terdiri dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, fasilitas sarana dan prasarana pendidikan dan faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan madrasah, orang tua peserta didik, komite sekolah/madrasah, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah. Kedua faktor tersebut dapat menunjang pelaksanaan penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di MI Al-Azhar Kuta Badung apabila dikoordinasikan dengan baik, dan dapat pula menjadi penghambat apabila tidak terakomodir dengan baik.
Copyrights © 2023