Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Vol 2 No 1 (2024): Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa

MEMBANGUN KARAKTER ANAK DIDIK MELALUI KETELADANAN DAN PRILAKU KEPEMIMPINAN

Suaidi, Suaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Karakter adalah nilai yang berkaitan dengan kepribadian manusia, berdasarkan norma agama, adat istiadat dan sosial budaya. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Di sisi lain, bangsa yang lemah yang melakukan ketidakadilan dan perilaku buruk. Kemajuan teknologi memiliki korelasi erat dengan kepribadian manusia yang memberikan dampak positif dan negatif. Ada banyak dampak negatif dari kemajuan teknologi: budaya instan, jumlah penayangan di televisi dan media sosial yang menyiarkan pornografi dan kekerasan yang dapat mempengaruhi mental dan moral generasi muda. Dampak negatif dari kemajuan teknologi mempengaruhi karakter siswa di semua jenjang pendidikan. Siswa yang memiliki karakter buruk adalah: malas belajar, datang terlambat ke sekolah, tidak peduli dengan teman dan lingkungan. Berdasarkan penjelasan disini penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pentingnya pendidikan karakter untuk dikembangkan di sekolah dengan menggunakan pemimpin teladan dari lembaga pendidikan atau sekolah. Pendidikan karakter harus diberikan sejak usia dini dan sekolah dasar, dan itu harus diaktualisasikan melalui jenjang berikutnya termasuk di tingkat universitas. Mengingat pentingnya pendidikan karakter dalam konteks pendidikan, pemerintah menerapkan sistem pendidikan yang menekankan pentingnya pendidikan karakter dan budaya nasional

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa is an international journal founded by Mandalika Institute. Mandalika is an open access, double peer-reviewed electronic journal that aims to offer an international scholarly platform for national and cross-border education research in government ...