ABSTRAK Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terkait implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dengan memanfaatkan website sebagai media pembelajaran fisika di SMAN 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi survei awal untuk mengetahui minat dan motivasi peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran fisika berbasis website yang terintegrasi dengan model PjBL, serta Focus Group Discussion (FGD) yang dilengkapi dengan pendampingan dalam penerapan model PjBL berbasis website pada mata pelajaran fisika. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa minat dan motivasi siswa dalam menerapkan model PjBL menggunakan website sebagai media pembelajaran fisika cukup tinggi. Penggunaan website sebagai media pembelajaran fisika memungkinkan peningkatan interaksi dan pemahaman konsep siswa, serta mendorong kreativitas dan kemandirian dalam belajar melalui model PjBL. Evaluasi terhadap pelaksanaan FGD dan pendampingan menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Diharapkan, implementasi model PjBL berbasis website ini dapat diterapkan secara luas di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran fisika. Kata kunci: Pendampingan, PjBL, Media Pembelajaran Fisika, Website ABSTRACT This community service program aims to provide assistance in the implementation of the project-based learning (PjBL) model by utilizing a website as a learning medium for physics at SMAN 2 Tondano. The methods used in this activity include an initial survey to assess students' interest and motivation in using the website-based physics learning media integrated with the PjBL model, as well as a Focus Group Discussion (FGD) accompanied by guidance in the implementation of the website-based PjBL model in physics subjects. The results of this activity showed that students’ interest and motivation to apply the PjBL model using the website as a physics learning medium were quite high. The use of the website as a physics learning medium facilitates increased student interaction and understanding of concepts, as well as encourages creativity and independence in learning through the PjBL model. The evaluation of the FGD and mentoring process showed very satisfactory results. It is hoped that the implementation of the website-based PjBL model can be widely applied in schools to improve the quality of education, particularly in physics subjects. Keywords: Assistance, Project-Based Learning (PjBL), Physics Learning Media, Websites
Copyrights © 2024