Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Volume Balok dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Kelas V SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba

Muh. Ansar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Ide awal penelitian ini karena rendahnya pemahaman siswa dalam memahami konsep volume. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru dalam menanamkan konsep volume balok terhadap siswa. Masalah penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perbaikan proses dan hasil pembelajaran volume balok di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah tindakan yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menentukan rumus volume balok dan pengaplikasian rumus tersebut. Data diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivitas guru maupun siswa pada aktivitas menyelesaikan soal-soal. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus 1 kualifikasi kurang (K), sedangkan siklus 2 kualifikasi baik (B). kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...