Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Information Communicated (ICT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Toraja Utara

Yuliana Hanafia Tallong (Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantepao Toraja Utara)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Artikel ini membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Information Communicated Technology (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1Rantepao Kabupaten Toraja Utara melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Numbered Head Together (NHT) Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Information Communicated Technology (ICT), yang berjumlah 30 anak. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelakanaan,observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa tentang materi yang digunakan. Data diperoleh dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivitas guru maupun siswa pada aktivitas belajar. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus I dengan kategori Kurang (K), Siklus II menjadi kategori Baik (B). Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah observasi, tes dan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kritis dan deskriptif komparatif. Dan meningkatnya keaktifan serta tingkat penguasaan materi anak dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hail penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe numbered head together (nht) menggunakan bahan ajar berbasis information communicated technology (ict) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...