Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Examin Ramba (Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantepao Toraja Utara)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara pada semester ganjil 2016/2017, dengan jumlah siswa 38 orang. Siklus I dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, angket kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa setelah pemberian tindakan, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pemberian tindakan.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Terjadi peningkatan untuk semua indikator yang diamati yaitu fleksibilitas, originalitas, elaborasion dan fluency. (b) Skor rata-rata kreativitas siswa pada siklus I sebesar 74,98 dari skor ideal 119,26 dengan standar deviasi 7,618 dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 85,43 dari skor ideal 131,38 dengan standar deviasi 7,589. (c) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 32,24 dari skor ideal yaitu 100 dengan standar deviasi 10,64 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 14,87. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) maka kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara dapat meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...