Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Prestasi Belajar Menyimak Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Terpadu Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantepao Toraja Utara

Resli Pasoloran (Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantepao Toraja Utara)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar menyimak Bahasa Indonesia melalui pendekatan terpadu siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara sebanyak 40 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Hasil yang dicapai dari skor dengan penerapan pendekatan terpadu menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,13 meningkat menjadi 80,38 pada siklus II dengan standar deviasi dari 9,63 menjadi 9,65. Keaktifan dan prestasi belajar anak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan terpadu dapat meningkatkan prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...