Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Proses Metabolisme Organisme dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divition) pada Siswa Kelas XII MIPA1 SMA Negeri 2 Barru, Kabupaten Barru

Mr Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi Proses Metabolisme Organisme dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divition) Pada Siswa Kelas XII MIPA1 SMA Negeri 2 Barru Kabupaten Barru pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan Siklus II juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh melalui analisis deskriptif sebagai berikut: (1) skor rata-rata kemampuan awal siswa mencapai 61,175 dan standar deviasi 7,795 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 berada pada kategori sedang; (2) skor rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I mencapai 67,225 dan standar deviasi 7,849 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 berada pada kategori tinggi; (3) skor rata-rata hasil belajar biologi siswa pada Siklus II mencapai 74,425 dan standar deviasi 9,038 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 berada pada kategori tinggi; (4) adanya peningkatan penguasaan materi, yakni meningkatnya hasil belajar biologi siswa Kelas XII MIPA1 SMA Negeri 2 Barru Kabupaten Barru. Data hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan jumlah kehadiran siswa dalam proses belajar mengajar, perhatian siswa dalam pembahasan materi pelajaran, keaktifan siswa dalam kegiatan kelompok dan diskusi kelompok, keaktifan siswa dalam menyelesaikan LKS yang diberikan, dan kesungguhan siswa dalam menyelesaikan tugas kelompoknya atau pekerjaan rumahnya (PR)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...