Subjek penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba pada semester ganjil 2012/2013. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penemuan terbimbing meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba. Persentase skor siswa dari siklus I ke siklus II yakni pada kategori kurang 25,00% menjadi 4,00%, kategori cukup 20,00% menjadi 10,00%, kategori baik 40,00% menjadi 35,00%, kategori baik sekali dari 15,00% menjadi 50,00%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba.
Copyrights © 2019