Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Ciri- Ciri Makhluk Hidup dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba

Mrs Rostina (SD Negeri 212 Bontobangun Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Subjek penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba pada semester ganjil 2012/2013. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penemuan terbimbing meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba. Persentase skor siswa dari siklus I ke siklus II yakni pada kategori kurang 25,00% menjadi 4,00%, kategori cukup 20,00% menjadi 10,00%, kategori baik 40,00% menjadi 35,00%, kategori baik sekali dari 15,00% menjadi 50,00%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...