Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA1 SMA Negeri 4 Parepare Semester ganjil tahun ajaran 2016-2017, sebanyak 26 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut (1) Persentase rata-rata hasil belajar biologi setelah penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) meningkat pada siklus I sebesar 53,85 menjadi 96,15 pada siklus II.(2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menjadi 76,75 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa terkait dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berupa aktif berdiskusi, mengerjakan LKS tepat waktu, memberikan penjelasan dalam kelompoknya saat pembahasan, memberikan penjelasan saat bertamu ke kelompok lain, dan mempresentasikan jawaban di depan kelas, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XII MIPA1 SMA Negeri 4 Parepare setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS).
Copyrights © 2019