Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa masih banyak siswa SMA mengalami kesulitan dalam Menikmati Cerita Sejarah Indonesia. Untuk mengatasi kesulitan ini dilakukan tindakan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam Menikmati Cerita Sejarah Indonesia pada siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare, (2) mengetahui tingkat pencapaian siswa Kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare dalam Menikmati Cerita Sejarah Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dan (3) melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare dalam Menikmati Cerita Sejarah Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare, sebanyak 36 orang siswa pada tahun pelajaran 2016/2017 disemester ganjil. Hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Menikmati Cerita Sejarah Indonesia pada siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC perlu dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya dalam Menikmati Cerita Sejarah Indonesia pada siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare.
Copyrights © 2019