Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas XII MIPA5. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads pada siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek 36 siswa. Fokus penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Structured Numbered Heads dan hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran PKn, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare . Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I hasil belajar PKn pada siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan dan berada pada kategori sangat baik, dan juga terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XII MIPA5 SMA Negeri 4 Parepare.
Copyrights © 2019