Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Retha Paombonan (Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantepao, Toraja Utara)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Apakah keterampilan membaca pemahaman dapat meningkat melalui penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara?Tujuan pemelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara dengan menerapkan metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R). Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaanm, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Sesuai hasil penelitian observasi awal dari 32 orang siswa terlihat penguasaan keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah yaitu sebesar 31%. Pada siklus I hasil keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu 21 atau 65,63% yang berada dalam kategori baik mulai terlihat peningkatan akan tetapi belum mencapai KKM, maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dalam penguasaan keterampilan membaca pemahaman yaitu sebesar 32 atau 100%. Terdapat peningkatan dari siklus I ke-II sebesar 34,37%. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas VIII-H SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...