Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 3 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasih Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Rantepao dengan Memberikan Umpan Balik Kuis dalam Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)

Agustina Ida Malino (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rantepao masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh seorang siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran kimia. Siswa malu dan takut untuk bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan sehingga materi pelajaran penuh gigih oleh siswa. Selama waktu tim menggunakan metode menyampaikan ceramah dan tugas individu. Cara ini pada kenyataannya kurang efektif dalam mencapai standar yang lengkap. Saat mengoreksi hasil tes siswa, guru hanya menilai jawaban yang salah tanpa menunjukkan jawaban yang benar benar. Hal ini mengakibatkan siswa terdemotivasi dalam mencari jawaban yang benar benar dan kemungkinan melakukan kesalahan yang sama pada ulangan selanjutnya sehingga sulit untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan uraian di atas peneliti mencoba untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan umpan balik kuis dalam model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah hadiah kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Rantepao, sehingga mencapai standar belajar lengkap dengan klasikai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hadiah kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Rantepao, sehingga mencapai standar belajar lengkap dengan klasikal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...