Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan operasi pecahan pada murid kelas IV SDN 131 Balombong Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan metode permainan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SDN 131 Balombong Kabupaten Tana Toraja yang berjumlah 37 orang, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk essay yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil yang dicapai dari analisis kuantitatif dan kualitatif adalah sebagai berikut: secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar murid yang meliputi skor rata-rata hasil belajar murid pada siklus I 56,35 berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 17,58 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dan pada siklus II skor rata-rata 74,86 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 13,86 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100. skor rata-rata dari siklus I ke siklus I menunjukkan adanya peningkatan. Selanjutnya analisis secara kualitatif dalam penelitian ini ditemukan perubahan sikap murid dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas pada pokok bahasan operasi pecahan, semangat dan aktivitas murid dalam mengikuti proses belajar sangat tinggi, perhatian dan kesadaran murid meningkat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan baik di kelas maupun di rumah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menerapkan metode permainan pada pokok bahasan operasi pecahan sebagian besar murid merasa senang belajar karena merasa dapat berinteraksi dengan teman-teman maupun gurunya.
Copyrights © 2019