Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 3 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Media Teka-Teki Silang pada Murid Kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja dalam Meningkatkan Perbendaharaan Kata Bahasa Indonesia

Hermin Leme' (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan perbendaharaan kata Bahasa Indonesia murid kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja sebanyak 25 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Instrumen penelitian dibuat oleh penulis bekerja sama dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah menerapkan media pembelajaran Teka Teki Silang yaitu: (1) hasil penelitian untuk siklus I diperoleh skor hasil belajar yang diperoleh dari tes akhir siklus, pada akhir siklus I dengan skor rata-rata 6,6 dari skor ideal 10,0. Sedangkan pada akhir siklus II dengan skor rata-rata 7,4 dari skor ideal 10,0 (2) terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia murid kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja. Berdasarkan analisis data di atas maka dapat disimpulkan bahwa perbendaharaan kata Bahasa Indonesia murid kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja mengalami peningkatan setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan media Teka-Teki Silang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...