Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik kelas V SDN 130 Tokesan Kabupaten Tana Toraja dengan penerapan pemberian tugas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Scenario PTK dirancang dengan dua siklus. Setiap siklus, dilakukan tindakan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 130 Tokesan Kabupaten Tana Toraja. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur sejauh mana keterampilan menulis karangan peserta didik dalam belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menulis karangan pada peserta didik kelas V SDN 130 Tokesan Kabupaten Tana Toraja pada tes pertama dalam kategori mampu dan tes kedua dalam kategori sangat mampu. Aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, khususnya keaktifan mengemukakan pertanyaan, menjawab pertanyaan guru tentang materi mengarang, keaktifan mencatat materi pelajaran, konsentrasi dalam mengarang, dan semangat dalam mengarang saat latihan, sementara keaktifan menyimak penjelasan guru dan bersikap tenang dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia dengan materi mengarang, yaitu sudah optimal dilakukan oleh semua peserta didik pada siklus pertama dan kedua. Guru pelajaran bahasa Indonesia hendaknya memberikan tugas-tugas latihan kepada peserta didik dalam mengarang agar peserta didik dapat terbiasa menuangkan ide-ide kreatifnya atau perasaannya dalam bentuk tulisan yang sekaligus dapat mengembangkan inspirasi peserta didik dalam mendukung kesuksesan belajarnya.
Copyrights © 2019