Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan alat peraga pias-pias (chart) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pkok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan pias-pias (chart) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal pada kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja yang memiliki 25 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 236 INP Songgo Kabupaten Tana Toraja tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 25 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2018, siklus II dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2018, sedangkan siklus III dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2018. adapun data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari hasil tugas, hasil prestasi belajar dan hasil observasi kegiatan belajar. Hasil penelitian siklus I yang mendapatkan nilai kurang dari 6,5 ada 7 siswa, dengan rata-rata kelas 7,2. kemudian dilanjutkan siklus II yang memperoleh nilai kurang dari 6,5 ada 11 siswa dengan rata-rata kelas 7,5, dilanjutkan siklus III ini nilai rata-rata kelas memperoleh nilai 8,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaan dengan mengunakan alat peraga pias-pias (chart) pada penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dapat ditingkatkan bahkan alat peraga pias-pias ini dapat dikembangkan pada pokok bahasan yang lain dengan materi yang sesuai dengan pembelajaran pias-pias.
Copyrights © 2019