Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Media KIT IPA pada pembelajaran organ pencernaan makanan pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar bagi murid kelas IV SDN 169 Sarong Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan Subyek penelitian adalah murid kelas IV SDN 169 Sarong Kabupaten Tana Toraja. yang mengikuti mata pelajaran IPA dengan materi organ pencernaan pada manusia tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 15 murid terdiri dari 8 murid laki-laki dan 7 murid perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, sedangkan data dianalisis secara deskritif kualitatif dengan mendeskripsikan proses belajar tiap siklus.Hasil siklus I digambarkan bahwa dari 15 jumlah murid kelas IV SDN 169 Sarong Kabupaten Tana Toraja terdapat 8 murid yang belum mencapai ketuntasan individual yang perlu mendapat perhatian khusus dari guru. Sedangkan pada siklus II, dimana sebesar 100 % atau 15 dari 15 murid termasuk dalam kategori tuntas, berarti seluruh murid telah mencapai ketuntasan individual. Hal ini menunjukkan tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 70%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan media KIT IPA hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV SDN 169 Sarong Kabupaten Tana Toraja meningkat.
Copyrights © 2019