Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menulis Captions di Madrasah Aliyah Swasta Hubulo Bone Bolango Gorontalo.

Massa, Nurvitrawati (Unknown)
Iskandar, Iskandar (Unknown)
Muhlis, Muhlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan siswa dan juga faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam menulis Caption. Penelitian ini merupakan studi kasus dan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu untuk menemukan pemahaman yang lebih dalam terhadap tujuan penelitian tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Madrasah Aliyah Swasta Hubulo pada semester ganjil 2021/2022 sejumlah 20 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan hasil kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis Caption. Adapun faktor penyebab dari kesulitan ini adalah ketidaktertarikan siswa dalam menulis Caption. Siswa yang berminat dalam menulis cenderung menghasilkan Caption yang baik dan sesuai konteks, begitupun sebaliknya. Selain itu, kesulitan dalam menuangkan ide dan menentukan diksi yang tepat menjadi penyebab kesulitan siswa dalam menulis Caption. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru dalam mengajarkan siswa menulis Caption yang baik dan sesuai konteks dengan memperhatikan ketertarikan siswa dalam menulis serta menuangkan ide dan menentukan diksi yang tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...