Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata di Kelas X SMK Mandiri Kraksaan ProbolinggoJawa Timur

Yunansah, Helmi (Unknown)
Darwis, Muhammad (Unknown)
Rifai , Andi Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran Daring selama pandemi memberikan tantangan khusus bagi guru untuk memberikan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran daring yang monoton, hanya share materi dan tugas membuat siswa merasa tidak tertarik dan tidak memiliki minat dalam belajar.Untuk itu diperlukan adanya usaha yang dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring, khususnya pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah hasil observasi selama pembelajaran dan kuisioner yang di isi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian ini menekankan bahwa pentingnya penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran teknologi perkantoran di jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...