Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning di SMKS Buana Waru Sidoarjo Jawa Timur

Adriastuti, Rini (Unknown)
Darwis, Muhammad (Unknown)
Rifai , Andi Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menerapkan model Discovery Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MM 1 SMKS Buana Waru Sidoarjo semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pada pelaksanaan proses pembelajaran sebelum dilakukan tindakan, terdapat permasalahan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak mampu menemukan konsep dari materi yang dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran dimana siswa dapat secara aktif menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar aspek pengetahuan. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan tes hasil belajar dianalisis secara statistik deskriptif. Dari analisis terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II dan peningkatkan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI MM 1 pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...