Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning di SMK Yapis Teminabuan Kab. Sorang Selatan Papua Barat

Rajab, Mirnawati Abdul (Unknown)
Samsinar, Samsinar (Unknown)
Kadir, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI AKL1 melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning pada mata pelajaran Produktif Akuntansi di SMK Yapis Teminabuan. Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning ini diharapkan siswa mampu mencapai tujuan peningkatan hasil belajar Produktif Akuntansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus . Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL1 SMK Yapis Teminabuan yang berjumlah 28 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% siswa aktif terlibat dalam pembelajaran dan juga terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus melalui post test dan apabila 75% siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning di kelas kelas XI AKL1 SMK Yapis Teminabuan skor aktivitas belajar siswa pada masing-masing indikator secara keseluruhan meningkat 19,17%, dari rata-rata siklus I sebesar 60% menjadi 79,17% pada siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 9 siswa (22%) menjadi 22 siswa (80%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...