Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Takalar Sulawesi Selatan

Basir, Muhammad (Unknown)
Hasyim, Sitti Hajerah (Unknown)
Fatimah, Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroomaction reseach) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Takalar melalui penerapan pembelajaran Model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Takalar dengan jumlah siswa 21 orang yang terdaftar pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus ii yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali perpertemuan. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Takalar melalui penerapan pembelajaran Model Problem Based Learning ini adalah (i) pada siklus I (tindakan I dan tindakan II) masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 63,19 sedangkan pada siklus II (tindakan I dan II) mengalami peningkatan secara signifikan masuk ke kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80,85, (ii) terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Takalar melalui penerapan pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL), baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Sehubungan dengan hasil di atas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam mengajar; khususnya bidang studi Akuntansi Dasar, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam dalam mengerjakan tugas-tugasnya disekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu mencoba berbuat dan berusaha dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih prestasi yang maksimal dan sesuai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...