Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan reading dan writing bahasa Inggris siswa dengan menggunakan metode free writing pada teks deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 29 siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sewon. Rancangan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen observasi dan instrumen wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa metode free writing dapat meningkatkan kemampuan reading dan writing belajar bahasa Inggris pada materi pembelajaran teks deskriptif. Selama dilakukan pengamatan menunjukkan peningkatan pada minat dan aktivitas siswa yakni 59 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80,4 % pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes siswa sebelumnya pada siklus I adalah 77,6 menjadi 80,6 pada siklus II. Berdasarkan perbandingan nilai rata-rata yang diperoleh maka sudah terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa setelah diadakan tindakan dengan metode free writing. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan metode free writing. Saran terhadap penelitian ini hendaknya menggunakan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan reading dan writing bahasa Inggris siswa dengan menggunakan metode free writing pada teks deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 29 siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sewon. Rancangan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen observasi dan instrumen wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa metode free writing dapat meningkatkan kemampuan reading dan writing belajar bahasa Inggris pada materi pembelajaran teks deskriptif. Selama dilakukan pengamatan menunjukkan peningkatan pada minat dan aktivitas siswa yakni 59 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80,4 % pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes siswa sebelumnya pada siklus I adalah 77,6 menjadi 80,6 pada siklus II. Berdasarkan perbandingan nilai rata-rata yang diperoleh maka sudah terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa setelah diadakan tindakan dengan metode free writing. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan metode free writing. Saran terhadap penelitian ini hendaknya menggunakan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Copyrights © 2022