Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 4 (2021): SPESIAL ISSUE EDISI 1

Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu

Niza Putri Junita (TK IT Mumtazah Kota Bengkulu)
Sitti Nurhidayah Ilyas (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Ineke Alriani (TK Islam Maricaya Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Permasalahan anak usia dini dalam kemampuan motoric halus di kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan tujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini di Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian Perbaikan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) diperoleh peningkatan aktivitas belajar anak dalam kegiatan menulis tersebut. Pada akhir siklus 1, keberhasilan anak dalam mengembangkan kemampuan motoric halus anak yaitu 44,95% anak yang mencapai kriteria kemampuan indicator motoric halus. Untuk siklus 2, keberhasilan anak mencapai sebanyak 63,33% anak yang mencapai kriteria kemampuan indicator motoric halus. Sedangkan untuk siklus 3, 83,33% anak mampu mencapai kriteria ketuntasan motoric halus. Dari pelaksanaan ketiga siklus penelirian ini dapat terlihat terjadinya peningkatan untuk tiap-tiap siklus dan bersarkan kriteria ketuntasan penelitian, yakni sebesar 75% lebih anak telah mencapai kriteria yang diharapkan dalam penelitian. Untuk itu dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kemampuan motoric halus anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...