Kemampuan Motorik Halus Anak TK Swasta Indah Mandiri Kec. Percut Sei Tuan masih tergolong sangat rendah, sehingga anak belum mampu berkarya seni melipat berbagai bentuk dari kertas origami. Maka penulis tertarik menggunakan kegiatan Melipat Kertas Untuk meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui kegiatan Melipat Kertas di TK Swasta Indah Mandiri Kec. Percut Sei Tuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B terdiri dari 6 anak yang akan di laksanakan di TK Swasta Indah Mandiri Kec. Percut Sei Tuan.Penelitian ini bersifat kolaboratif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Hasil dari penilitian ini menunjukkan adanya peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan melipat. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan motorik halus anak dalam 1 kelas sebelum tindakan 45%, siklus I 50 %, siklus II 90 % Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan melipat dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok B di TK Swasta Indah Mandiri Kec. Percut Sei Tuan
Copyrights © 2021