Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Dengan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini TK Nyiur Jakarta

Patty, Dina Yacomina (Unknown)
Marzuki, Hj. Kartini (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan mengenal huruf pada Anak usia Dini di TK Nyiur. Hal ini terlihat lewat kemampuan sebagian besar anak didik yang belum mengenal huruf dengan baik dan benar pada usia mereka dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran belum sesuai dan tidak menarik minat anak. Untuk mengenalkan huruf kepada anak, diperlukan keterampilan mengajar yang baik dari guru dan juga penggunaan metode yang tepat sehingga anak dapat mengenal huruf dengan baik dan benar. Metode permainan kartu huruf merupakan salah satu metode yang baik digunakan untuk mengenalkan huruf kepada anak usia dini karena anak dapat belajar mengenal symbol huruf hanya dengan melihat lambang huruf pada kartu huruf secara berulang-ulang. Subyek penelitian ini adalah peserta didik TK Nyiur yang berjumlah 10 peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan berbahasa anak, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi teknik analisis data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain dengan kartu huruf dalam kegiatan praktik langsung lebih menarik minat anak di TK Nyiur sehingga ada peningkatan di setiap pertemuan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...