Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Agribisnis Tanaman Hias dengan Model Pembelajaran PjBL dan Pendekatan STEAM di SMK Negeri 3 Maluku Tenggara

Ruban, Elisabeth (Unknown)
Rahmah, Nur (Unknown)
Fitria, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Agribisnis Tanaman Hias melalui Pendekatan STEAM di kelas XI Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMK Negeri 3 Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara,Propinsi Maluku.. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI ATPH SMK Negeri 3 Maluku Tenggara sebanyak 9 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan penugasan berupa proyek setelah melakukan pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil proyek peserta didik pada akhir siklus satu ialah 68,00 dengan kategori rendah, nilai rata-rata hasil proyek peserta didik pada siklus dua adalah 82,04 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar peserta didik kelas XI ATPH SMK Negeri 3 Maluku Tenggara Kabupaten Maluku Tenggara pada siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan prestasi belajar berupa hasil proyek mata pelajaran Agribisnis Tanaman Hias melalui pembelajaran dengan Pendekatan STEAM

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...