Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX di UPT SMP Negeri 3 Binamu Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan

R, Abriyanti (Unknown)
Syukur, Muhammad (Unknown)
Iwerna, Iwerna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: “Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX UPT SMPN 3 Binamu tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan test akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX UPT SMPN 3 Binamu. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar) serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX UPT SMPN 3 Binamu yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,82 dan siklus II meningkat menjadi 77,85.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...