Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar IPS di SMPN 3 Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Mujiati, Mujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui ketercapaian Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara Tahun 2021. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS VIII-A di SMP Negeri 3 Loa Janan. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standard ideal. Dari 65.80 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 73.40 % dan siklus 3 mencapai 79.80 %, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIA dengan ketuntasan mencapai 96.00 %, dengan demikian penerapan pembelajaran dengan metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...