Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Berfikir Kreatif Dengan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Peserta Didik Teknik Otomotif SMKN 3 Merauke Papua

Marsudi, Marsudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang “Peningkatan Berpikir Kreatif Dengan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Peserta Didik Teknik Otomotif SMKN 3 Merauke”. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Otomotif dengan materi pokok Alat Ukur Mekanik. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan penelitian tindakan kelas lanjutan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Merauke yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, kegiatan, observasi, refleksi dan revisi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes pada setiap siklus dan tes akhir berupa tes berpikir kreatif, lembar observasi dan angket. Data ini kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan ketiganya dinyatakan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (IK) jumlah peserta didik yang kreatif pada setiap siklusnya adalah 40% untuk siklus I, 70% untuk siklus II, dan 80% untuk siklus III, dan 85 % dalam ujian akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (IK) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IK membutuhkan perhatian penuh dan disiplin dalam setiap langkah pembelajaran, perencanaan, dan pelaksanaan alokasi waktu dan pengawasan ketika peserta didik belajar dalam kelompok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...