Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VII dengan Menggunakan pendekatan Scientific di SMP Terpadu Al Minhaj Bandar Kab. Batang Jawa Tengah

Susanti, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Pembelajaran IPS terkadang dirasa oleh peserta didik sebagai mata pelajaran yang membosankan. Untuk itu perlu motiviasi peserta didik agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Salah satu tindakan untuk meingkatan motivasi peserta didik dalam pembelajaran IPS dalah dengan menggunakan pendekatan scientific sehingga hasil belajar IPS dapat meningkat. Data yang diperoleh dari 12 peserta didik menunjukkan peningkatan hasil belajar pada peserta didik di kelas VII SMP Terpadu Al Minhaj Bandar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi kepada peserta didik dan pemberian tugas secara berkelompok serta tes hasil belajar. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus 1 mencapai presentase 58% terjadi peningkatan pada silus kedua yaitu 92%. Dengan demikian, pendekatan scientific merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII di SMP Terpadu Al Minhaj Bandar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...