Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pbl pada Mata Pelajaran Agribisnis Tanaman Pangan Dan Palawija di SMK Negeri 1 Sojol Kab. Donggala Sulawesi Tengah

Arlin, Arlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus hingga 7 Oktober 2021. Tempat pelaksanaannya ialah di SMK Negeri 1 Sojol, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan menggunakan Model Project Based Learning untuk mata pelajaran Agribisnis Tanaman Pangan dan Palawija Kelas XI Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Simpulan dari hasil yang didapatkan dari ketiga siklus pembelajaran adalah sebagai berikut : Berdasarkan data yang didapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 54,5% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan persentase hasil belajar siswa mencapai 68,2% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa, kemudian dilanjutkan ke siklus III dengan hasil belajar mencapai 86,4% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...