Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 19 Makassar T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D SMP Negeri 19 Makassar dengan 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I setelah penerapan model Dicovery Learning persentase hasil belajar siswa 51.61% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang. Siklus II setelah penerapan model Discovery Learning persentase ketuntasan meningkat menjadi 70.97% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang rata-rata nilai yang di peroleh sebesar 71.29. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII D SMPN 19 Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024