Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning di Kelas VIII di SMP Negeri 19 Makassar

Miftahul Jannah (Unknown)
Abd.Muis (Unknown)
Asrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 19 Makassar T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D SMP Negeri 19 Makassar dengan 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I setelah penerapan model Dicovery Learning persentase hasil belajar siswa 51.61% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang. Siklus II setelah penerapan model Discovery Learning persentase ketuntasan meningkat menjadi 70.97% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang rata-rata nilai yang di peroleh sebesar 71.29. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII D SMPN 19 Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...