Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII K SMP Negeri 19 Makassar sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Tes. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA . Peningkatan tersebut dapat dilihat dari Siklus I dan Siklus II lewat pembelajaran yang telah dilakukan. Pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 13 orang dengan persentase 46,43% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 15 orang dengan persentase 53,57%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 orang dengan persentase 82,14% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 5 orang dengan persentase 17,86%. Dengan peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebesar 19,64% dari Siklus I 59,82% dan siklus II 79,465%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIIK di SMP Negeri 19 Makassar.
Copyrights © 2024