Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : peningkatan Motivasi dan hasil belajar peserta didik yang dengan menerapkan Discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mctaggart dengan tahapan: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan dan Observasi (Acting and Observing), dan (3) Refleksi (Reflecting). Metode penelitian ini melibatkan 33 peserta didik sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan lembar observasi guru, instrument tes dan angket motivasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif secara presentasi ketuntasan individu dan klasikal. Hasil analisis menunjukkan rata- rata nilai pengetahuan siswa meningkat dari 74 pada siklus 1 menjadi 84,2 pada siklus 2. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 73,33% pada siklus 1 menjadi 84,42% pada siklus 2. Rata-rata nilai angket motivasi siswa meningkat dari 82,4 pada siklus 1 menjadi 102,4 pada siklus 2. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 68,83% menjadi 85,83%. Rata-rata aktivitas guru meningkat dari 78,75% (Baik) pada siklus 1 menjadi 88,5% (Sangat Baik) pada siklus 2, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Discovery learning mampu meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII E UPT SMP Negeri 1 Mangarabombang pada materi sistem tata surya
Copyrights © 2023