Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja sama peserta didik di kelas X5 SMA Negeri 1 Pamboang dalam pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Model pembelajaran PBL digunakan karena dalam proses pembelajarannya banyak menekankan permasalahan yang ada. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus penelitian. Penelitian ini melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan dan angket penelitian untuk melihat peningkatan kerja sama yang dilaksanakan oleh peserta didik dalam diskusi kelompok. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa hasil angket peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kerja sama yang dilakukan saat diskusi kelompok. Siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 75 masuk dalam kategori “sedang”, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,52 termasuk dalam kategori “tinggi”.
Copyrights © 2023